Puasa di tempat2 lain

22 11 2008


st1\:*{behavior:url(#ieooui) }
<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Arial Narrow”; panose-1:2 11 5 6 2 2 2 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:647 0 0 0 159 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;}

Adin EAK 2006

Puasa di Amrik?? Hmm… kota yang di mana gue tinggal, yaitu Starkville, Mississippi, nggak terlalu banyak orang Muslim. Tapi, karena masyarakat Muslim sedikit, kita jadi lebih akrab satu sama lain. Pas bulan Ramadhan, suasananya beda banget dibandingkan dengan Depok, Indonesia. Yang jelas, nggak ada acara-acara khusus mengenai Ramadhan di televisi.. palingan ada berita bahwa bulan Ramadhan udah mulai.

Kalau ngomong tentang kegiatan, ya jelaslah, yang namanya kegiatan mengaji tetap ada. Kegiatan lain adalah sahur dan buka bersama. Di kota Starkville, mayoritas orang Islam di sana adalah mahasiswa, dan kebanyakan dari mereka adalah jomblo yang nggak bisa masak. Kasihan kan?… hehehe… Jadi, di sana ada jadwal harian masak bagi mereka yang udah menikah dan harus memasak makanan buat yang masih lajang… hahaha. Kebetulan kalau nggak ada yang masak, mahasiswa-mahasiswa jomblo itu palingan patungan beli pizza. Trus setiap malam minggu pas bulan Ramadhan biasanya diadakan potluck, yaitu setiap keluarga bawa satu masakan ke mesjid. Trus, abis sholat maghrib, makan bersama deh… ramai sekali!! Perbedaan-perbedaan lain adalah misalnya nggak ada yang ngebangunin pas sahur.

Pas lebaran, sholatnya nggak jauh beda dengan di Indonesia. Sholatnya di mesjid, nggak ada yang di luar kayak di sini. Trus, karena uda hari lebaran, teman-teman gue nggak ada yang mau sekolah. Kita semua bolos!! (Lebaran di Amrik tidak menjadi libur nasional seperti Indonesia). Trus, nggak ada silaturahmi kelilin setelah sholat lebaran, karena semua ngumpul di mesjid. Masakan khas di sana juga nggak ada. Kan masyarakat Islamnya dari berbagai negara, jadi nggak ada yang menjadi masakan menjadi simbol ramadhan di sana… seperti ketupat di sini.

Badrul EMA 2007 (Paris, Perancis)

Dibandingkan dengan puasa di Indonesia, puasa di Perancis kurang “terasa”. Ada beberapa faktor yang membuat ramadhan di sana kurang “terasa”. Pertama, masyarakat beragama Islam merupakan populasi minoritas. Hanya 3-4% penduduk Perancis merupakan pemeluk agama Islam, dan sebagian besar dari jumlah itu merupakan imigran dari Afrika, bukan orang Perancis asli. Jadi, karena itu, bisa dibilang agak sulit untuk menyatukan semua penduduk Islam di sana karena satu-satunya faktor yang sama adalah agama yang sama. Selain itu, mesjid yang di Paris hanya ada satu. Betul, Cuma satu!! Tetapi, faktor terbesar mungkin adalah karena masyarakat Perancis lebih bebas dibandingkan dengan orang-orang di Indonesia. Maksudnya, dengan adanya orang-orang yang berpakaian kurang “khusyu”, ya….. pahala puasa mungkin jadi kurang. You know what I mean lah…

Kalau gue sebagai orang Indonesia, kegiatan yang dilakukan paling-paling ngumpul di KBRI untuk buka puasa. Itu aja. Sholat terawih juga gue jarang. Soalnya, kalau uda musim panas, puasanya luamaa banget!!! Kita baru buka jam 10.30 malam!! Trus, sholat Isya jam setengah 12 malam, dilanjutkan dengan sholat terawih kira-kira satu setengah jam. Nah… karena sholat terawih baru selesai jam setengah 2-an, ada mahasiswa di sana yang langsung makan sahur. Kan tanggung kalau tidur, mendingan makan dulu.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: