BUGAR DI BULAN RAMADHAN

22 11 2008

<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”MS Mincho”; panose-1:2 2 6 9 4 2 5 8 3 4; mso-font-alt:”MS 明朝”; mso-font-charset:128; mso-generic-font-family:modern; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:-1610612033 1757936891 16 0 131231 0;} @font-face {font-family:”Arial Narrow”; panose-1:2 11 5 6 2 2 2 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:647 0 0 0 159 0;} @font-face {font-family:Calibri; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1073750139 0 0 159 0;} @font-face {font-family:”\@MS Mincho”; panose-1:2 2 6 9 4 2 5 8 3 4; mso-font-charset:128; mso-generic-font-family:modern; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:-1610612033 1757936891 16 0 131231 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin-top:0in; margin-right:0in; margin-bottom:10.0pt; margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:”MS Mincho”; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:IN; mso-fareast-language:JA;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;}

Friend, puasa datang lagi ni. Seneng banget dech rasanya bisa ketemu lagi dengan bulan yang penuh kemuliaan ini. Bulan yang kata Rasul penuh dengan keberkahan, bulan dimana terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan dan bulan dimana apabila tiap malamnya kita isi dengan kebajikan-kebajikan dan pengabdian semuanya merupakan amalan sunat yang amat bernilai (H.R. Ibnu Kuzaimah). So friend siapkan dirimu. Tidak hanya secara spiritual tetapi juga fisikal. Fisik yang kuat pasti akan menunjang kamu untuk bisa beribadah secara optimal di ramadhan kali ini. Oleh karena itu Berdzie mau kasih beberapa tips ni buat sobat-sobat Berdzie agar tetap bugar di bulan Ramadhan. Ini dia tips-tips buat sobat Berdzie :

1. Niat Puasa

Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.

2. Makan Sahur

Makan sahur penting bagi tubuh kita untuk memperoleh cadangan energi selama berpuasa. Jika tidak makan maka kadar gula dalam darah kita akan turun dan menyebabkan tubuh kita lemas, loyo dan mudah mengantuk. Gimana kita bisa khusyuk beribadah jika tubuh kita lemas dan mengantuk. Saat sahur makanlah makanan yang banyak mengandung unsur gizi lengkap seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Jadi jangan sampai nggak makan sahur ya friend.

3. Berolah Raga Secara Teratur

Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan termasuk untuk berolah raga. Olah raga secara teratur akan membuat tubuh kita tetap bugar dan sehat. Waktu yang tepat untuk berolah raga di bulan Ramadhan adalah 1-2 jam sebelum berbuka puasa. Jadi ngabuburitnya dengan olah raga friend. Jadi setelah berlelah-lelah diri langsung buka deh. He.he..he…

4. Jaga Kebersihan mulut dan gigi

Ketika berpuasa maka kita akan berhenti total dari segala kegiatan makan dan minum. Hal ini akan membuat produksi kelenjar air liur berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Oleh karena itu dianjurkan untuk menggosok gigi setelah sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

5. Meyegerakan Untuk Berbuka

Menyegerakan berbuka adalah sunah Rasul So kalau sudah tiba waktunya berbuka jangan ditunda-tunda lagi. Rasul dalam satu riwayat pernah berkata : “Umat ini akan tetap baik selama mereka menyegerakan berbuka”. Saat berbuka hendaknya dimulai dulu dengan makan makanan yang manis. Makanan yang manis baik untuk usus kamu yang kosong karena seharian tidak diisi dan lebih cepat diubah menjadi energi.

Sobat Berdzie setelah berbuka dengan yang manis (lho kok seperti iklan ya! He.he..) biasanya kita kan langsung makan yang berat tu tapi makannya jangan terkesan seperti balas dendam karena seharian tidak makan. Makan secukupnya saja. Kan malamnya kita akan melaksanakan shalat tarawih. Kalau makan sampai kenyang yang ada nanti kita malas bergerak deh karena perut sudah full. Ujung-ujungnya nggak tarawih. Ihh.. nggak banget dech.

Oke sobat Berdzie, demikian tips yang dapat Berdzie berikan kepada kamu semuanya. So akhir kata Berdzie ngucapin selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan Yak…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: