Mencari Ilmu

1 07 2008

Agama Islam sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Hal ini terbukti dengan ayat pertama Al-Qur’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw dari Malaikat Jibril yang tak lain adalah ”Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan,” (Al-Alaq: 1). Ayat tersebut menyuruh seluruh umat untuk mencari ilmu dengan cara membaca. Islam juga sangat memberi penghargaan kepada orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan: ”…niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Al-Mujadilah: 11)

Dengan kenyataan seperti itu, sudah selayaknya kita semua memanfaatkan waktu kita di bangku kuliah seoptimal mungkin untuk mencari sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan. Kita akan mewujudkan suatu bentuk syukur yang nyata dengan mencari ilmu pengetahuan. Maksudnya, kita semua cukup beruntung dapat diterima di FEUI dengan segala fasilitas dan prasarana pendidikan yang ada, seperti perpustakaan, penyediaan hotspot, pihak dekanat yang mendukung kemahasiswaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, akan disayangkan apabila kesempatan yang ada untuk mencari ilmu disia-siakan begitu saja.

Banyak cara untuk mencari ilmu itu. Sebagai mahasiswa, sudah merupakan suatu kepastian bahwa ilmu akan diperoleh lewat proses belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa. Di samping itu, banyak hal lain yang dapat dipelajari, tetapi tidak dapat diperoleh di bangku kuliah dengan hanya mengandalkan buku kuliah, yaitu soft skills seperti interpersonal skills, leadership skills, dan skills-skills lainnya. Keahlian-keahlian tersebut hanya dapat diperoleh melalui kegiatan yang ekstra kurikuler, seperti mengikuti seminar, terjun dalam organisasi, berpartisipasi dalam suatu kepanitiaan, atau mengajar secara part-time.

Semester pendek kali ini merupakan suatu kesempatan yang sangat baik untuk mencari ilmu. Karena mata kuliah tidak terlalu banyak, maka kita dapat lebih fokus ke mata kuliah yang diambil saja. Selain itu, karena waktu tidak tersita untuk mengerjakan terlalu banyak tugas, maka hal itu memungkinkan kita untuk mengerjakan hal-hal lain, entah itu kerja part-time, mengikuti seminar, mengikuti training, dll.

Apapun jalan yang ditempuh, pastikan terlebih dahulu bahwa niat kita adalah mencari ilmu semata-mata untuk mencari ridho Allah swt karena semua yang kita dapat tidak hanya berasal dari usaha dan doa kita, tetapi juga terjadi atas izin-Nya. Untuk menyemangati sobat Berdzie semua, simak hadits Rasul berikut ini ”Barangsiapa keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga kembali”.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: