Laporan hasil survey publik FEUI

1 07 2008

Forum Studi Islam (FSI) adalah satu-satunya organisasi yang diakui secara resmi menaungi seluruh mahasiswa Muslim di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sayangnya hal ini kurang dipahami oleh sebagian besar mahasiswa FE. Terbukti dari 211 sampel yang di ambil secara random, hanya 100 mahasiswa saja yang mengetahuinya. Atau hanya 47,4% mahasiswa FEUI yang menyadari bahwa anggota FSI adalah seluruh mahasiswa/i Muslim yang sedang menjalani studinya di FEUI. Sehingga hal ini menimbulkan sebuah ironi, karena sebanyak 52,6% (dari sampel yang di ambil) mengatakan bahwa anggota FSI adalah mereka-mereka yang tergabung dalam kepengurusan organisasi FSI dalam suatu periode tertentu saja.

Sebanyak 122 koresponden menyatakan bahwa selama ini, keberadaan FSI dianggap sudah berhasil meningkatkan pengetahuan tentang agama Islam. Dan hanya 57 koresponden saja yang menyatakan bahwa FSI tidak memberikan pengaruh terhadapa pengetahuan mereka tentang agama Islam.

Keberadaan FSI dianggap oleh 111 koresponden (52,6%) sudah memberikan pengaruh yang positif terhadap perilaku mereka dalam kehidupan sehari-harinya. Dan 80 koresponden (37,9%) menyatakan bahwa keberadaan FSI tidak mempengaruhi sikap dan perilaku mereka. Sisanya lebih memilih abstain. Hal ini memiliki korelasi positif terhadap penilaian mahasiswa mengenai apakah FSI sudah mensyiarkan Islam dengan baik dan benar. Karena hanya 36% koresponden yang menatakan bahwa FSI sudah berhasil mensyiarkan Islam dengan baik dan benar, sedangkan 30,8% koresponden memilih abstain.

Selama perjalanan kepengurusan FSI, sebanyak 39,3% koresponden menyatakan bahwa kinerja organisasi FSI sudah memuaskan. Dan hanya 23,7% yang menyatakan tidak puas atas kinerja organisasi ini, sedangkan sisanya memilih abstain.

Sebagai sebuah organisasi Badan Semi Otonom, FSI memiliki sebuah mading yang terletak di antara mading KANOPI dan madding ESAC. Sebanyak 163 koresponden (77,25%) menyatakan bahwa mereka mengetahui keberadaan dan pernah membaca mading tersebut. Dan penilaian dari mereka yang pernah membaca mading tersebut, hanya 40,28% koresponden saja yang menyatakan bahwa mading FSI dinilai memuaskan. Kepuasan di sini dilihat dari penampilan dan isi dari mading tersebut. Sedangkan 41,7% koresponden menyatakan bahwa penilaian mading FSI biasa-biasa saja, dan hanya 11% koresponden yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap mading FSI, sisanya lebih memilih abstain.

Selain memiliki mading, FSI juga memiliki sebuah perpustakaan sendiri yang terletak di Gedung Student Center lantai dua. Keberadaan perpustakaan FSI ini diketahui oleh 65,4% koresponden. Sayangnya muncul sebuah ironi, karena dari mereka yang mengetahui keberadaan perpustakaan tersebut, hanya 25,11% koresponden saja yang pernah meminjam buku dari perpustakaan FSI.

Selama berjalannya kepengurusan FSI, sebanyak 78,67% koresponden mengetahui akan kegiatan yang pernah diselenggarakan FSI. Mayoritas kegiatan yang mereka ketahui berturut-turut adalah PDAI (Pengenalan Dasar Agama Islam), Second, dan KIEI (Kuliah Informal Ekonomi Islam). Sebanyak 43,13% koresponden yang mengetahui akan adanya produk/kegiatan FSI menilai bahwa publikasi dari kegiatan tersebut sudah baik dan memuaskan, 33,18% menilai publikasi yang diadakan terkesan biasa-biasa saja, 14,2% menilai publikasi yang diadakan buruk dan tidak memuaskan, dan sisanya memilih abstain. Meskipun 43,13% koresponden menilai publikasi kegiatan FSI sudah berjalan dengan baik, namun hanya 50,24% saja yang pernah berpartisipasi (baik sebagai panitia maupun sebagai peserta) dalam kegiatan FSI. Dan dari penilaian mereka terhadap kegiatan yang pernah diadakan FSI, sebanyak 32,2% menyatakan puas akan kegiatan FSI yang pernah mereka ikuti, 18% menilai biasa saja terhadap kegiatan FSI yang pernah mereka ikuti, hanya 9,48% yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap kegiatan FSI yang pernah mereka ikuti, dan sisanya memilih abstain.

source: humas FSI


Actions

Information

One response

5 03 2009
1pasang

buat mbak HESTI DIANINGRUM…..
semoga Allah Memberkahimu….
semoga Allah senantiasa membimbingmu pada jalan yang Haq,,,
suatu saat nanti,,, Insyaa Allah,,, AL HAQ dan AL BATIL akan jelas terlihat di hadapanmu…
dan mbak HESTI pun akan sadar…. mana yang seharusnya mbak HESTI pilih…
Allohu yu barik fiyk….
ukhibbuki fillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: