Welcome Maba!

2 10 2009

Fakultas Ekonomi Universitas (FEUI) Indonesia merupakan impian bagi banyak khalayak muda untuk menjadi bagian di dalamnya. Hampir sebagian besar murid kelas XII (3 SMA) IPS maupun IPA di seluruh Indonesia belajar tekun untuk memperjuangkannya.  Belajar tiada henti, doa yang terus mengalir mengiringi usaha yang dijalani untuk menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Setelah segala ikhtiar dilakukan dan kemudian berhasil menembus FEUI perasaan riang, bangga dan haru merajai hati. Kata syukur tiada berhenti diucapkan. Ucapan selamat terus mengalir. Betapa rezeki yang begitu nikmat dan tidak boleh disia-siakan begitu saja.

Sebagai mahasiswa baru, kami tentu saja diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang dan pemeriksaan kesehatan oleh pihak kampus. Selain itu setiap mahasiswa juga diwajibkan untuk menyanyi di Balairung yang pada akhirnya mereka akan tampil di acara wisuda. Mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan OKK dan OBM dalam rangka orientasi dan pengenalan kehidupan  perkuliahan.

Rangkaian acara kampus telah dilalui. Sampailah kami pada rangkaian acara yang telah disediakan oleh panitia OPK. Serangkaian acara yang begitu panjang dan melelahkan. Namun akan menjadi kenangan yang tidak dapat dilupakan.

Proses OPK di mulai, para mahasiswa baru (maba) dikumpulkan untuk bertemu dengan teman-teman satu kelompok mentor mereka. Kemudian para peserta OPK dihadiahkan sejumlah tugas dan harus membuat name tag dengan ukuran yang telah dirancang khusus oleh panitia acara OPK. Sejumlah peraturan khas OPK pun diumumkan, mulai dari bagaimana cara berpakaian di saat OPK, apa saja yang harus di bawa saat OPK, apa saja yang tidak boleh dibawa dan berbagai hal lain yang tentu khas OPK.

Sempat tersirat mengapa setelah bekerja keras untuk dapat menembus FEUI harus disambut dengan hal-hal seperti ini? Tugas essay yang menumpuk membuat jadwal tidur berubah, makan tidak teratur, fisik terus diforsir untuk bisa melaksanakan semua tugas sampai selesai. Sesungguhnya semua itu hanyalah simulasi. Saat sudah menjalani kehidupan di FEUI maka akan sering terjadi hal-hal yang seperti itu. Baik akibat dari tugas kuliah yang begitu banyak maupun karena tanggung jawab sebagai panitia suatu acara. Kurang lebih apa yang kami “mainkan” di OPK seolah mempresentasikan kehidupan di FEUI dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

OPK pun berakhir, kesibukan selanjutnya bagi para mahasiswa baru yaitu mencari, memilih dan mengikuti berbagai kegiatan Open Recruitment kepanitiaan. Pencarian oleh para maba biasanya dilakukan dengan melihat-lihat setiap mading yang ada di gedung A maupun di gedung B kampus FEUI. Memilih  kira-kira kepanitiaan apa yang sesuai dengan minat. Divisi atau biro apa yang sesuai dengan kompetensi dan track record mereka.

Saat sudah menemukan pilihan yang pas lalu kami beranikan diri untuk mendaftar dan menunggu sms oleh panitia untuk melakukan interview. Rasa resah dan gelisah muncul saat menunggu giliran interview. Terus memikirkan pertanyaan apa saja yang akan diberikan nanti. Tentang analisis SWOT, apakah harus jujur atau berbohong. Sungguh menegangkan dan membuat penasaran.

Mengikuti kepanitiaan sebenarnya memberikan banyak nilai tambah. Kehidupan dalam menjalankan suatu kepanitiaan menggambarkan bagaimana situasi kerja nanti. Kepanitian juga merupakan tempat untuk memperluas jaringan pertemanan, mengajarkan tentang bagaimana bersosialisasi satu sama lain. Di sini kita juga belajar bagaimana menjadi pemimpin yang dapat melihat berbagai peluang kedepan, memotivasi saat teman temannya mengalami demotivasi kerja, memecahkan masalah bersama  yang terjadi di internal kepanitiaan maupun eksternal kepanitiaan, dan membuat berbagai keputusan penting. Pengalaman yang tak akan didapat apabila tidak ikut kepanitiaan.

Banyak organisasi yang terdapat di FEUI yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Masing-masing organisasi memiliki budaya mereka masing-masing. Memiliki standar operasional prosedur masing masing. Memiliki keunikan dan ciri khas. Tidak ada paksaan bagi kita untuk mengikuti atau tidak mengikuti berbagai kepanitian dan organisasi tersebut. Kita, sebagai mahasiswa yang cerdas tentunya akan membuat pilihan yang bijak dengan mempertimbangkan baik-buruknya. InsyaAllah.

-DiPu-





Meminta Kepada Jin

24 09 2009

Karena kecapekan habis memulung nggak dapat hasil, Kasan ingin beristirahat di bawah pohon beringin, matanya mengantuk, kakinya terasa pegel semua, perutnya lapar.

Ketika baru saja mau tertidur, tiba-tiba kakinya menginjak sebuah botol. Ketika botolnya diambil tiba-tiba keluar asapnya, seketika itu juga Kasan melompat karena kaget.

“Hua ha ha ha, aku adalah jin botol, tiga keinginanmu bakal aku kabulkan,” Jinnya tiba-tiba berkata sambil tertawa.

“Halah, aku nggak percaya, paling-paling kamu mau menipu aku ya. Dulu aku ini cuakep dan tajir, lha sekarang aku jadi hitam melarat kayak begini gara-gara dibohongi oleh jin kayak kamu” kata Kasan.

“Wah, dulu itu paling kamu ketemu Jin Omdo alias omong doank, tukang penipu. Lha kalau aku ini khan jin baik hati, jadi nggak perlu khawatir. Apalagi kamu sudah telanjur jelek, hitam dan miskin kayak gitu, sudah pasti tidak bakalan jadi lebih melarat lagi, sudahlah aku jamin gak akan rugi.” Bujuk si Jin

“Kalau nggak percaya, silahkan dicoba dulu, kamu mau minta apa?” tantang Jin

“Ya udah, tapi awas loh ya kalau kamu membohongi aku. Aku hajar nanti!!!! Okay, yang pertama aku ingin punya uang banyak sekarung,” Pinta Kasan.

“Pejamkan matamu sebentara” kata Jin. “Tinngg” ketika Kasan membuka matanya, tiba-tiba di depannya sudah ada sekarung uang, seratus ribuan semua.

“Masih nggak percaya??? Ayo sekarang kamu mau minta apa lagi?” tantang Jin lagi.

“Hmmm apa ya sekarang? aku ingin rumah yang buesar lengkap dengan perabotan dan mobil yang mewah, pokoknya lengkap.” Pinta Kasan.

“Pejamkan matamu sebentar!” kata Jin. “Tinngg!!!” ketika Kasan membuka matanya, tiba-tiba ia sudah berada di dalam rumah yang sangat mewah. Kasan gembira nggak ketulungan.

“Lha sekarang tinggal satu permintaanmu yang bisa kukabulkan, pikirkan dengan baik biar nggak menyesal” kata Jin.

Dengan mata terpejam membayangkan, Kasan berkata, “Aku kepingin kulitku jadi putih, telanjang dikerubuti cewek-cewek yang banyak…” pinta Kasan. .

Ketika mau membuka matanya, samar-samar Kasan mendengar suara cewek-cewek ramai dan terasa badannya dipegang-pegang. Tapi kok bau ikan tongkol ya, pikir Kasan mulai curiga.

Pada saat matanya sudah terbuka, Kasan kuaget nggak ketulungan karena ternyata dirinya sudah berada di tengah pasar, ternyata Kasan berubah jadi TAHU!!.. ?





Noordin M Top Berdasarkan Primbon

24 09 2009

Ciri-ciri kematian Noordin M Top berdasarkan primbon nama sebenarnya harusnya menemui ajal di atap rumah.

Berikut ini adalah nama-nama Noordin berdasarkan primbonnya :

1. Kalau mati di kamar mandi = Noordin M Pup,
2. Kalau mati di kolam = Noordin M Pang,
3. Kalo mati di Clubbing = Noordin M Club or M bassy,
4. Kalo mati di taman lawang = Noordin M beeeerrr…

Cuma ada di dunia MI (hehe,, xD)





Fakta Mengenai Obesitas

24 09 2009

Orang yang mengidap obesitas (kegemukan) ternyata memiliki respon “puas” yang lebih lambat terhadap makanan. Fakta yang menarik tersebut dilaporkan dalam jurnal Science minggu ini.

Dalam suatu penelitian yang melibatkan wanita dan remaja putri, para ilmuwan menguji respon otak terhadap minuman milkshake rasa coklat. Mereka menemukan bahwa bagian otak yang berperan melepaskan dopamin, suatu senyawa kimia pemberi rasa “puas”, menjadi kurang aktif pada orang yang mengidap obesitas. Hal ini secara nyata teramati pada wanita yang memang sejak lahir telah memiliki gen yang menghambat produksi dopamin sekitar 30-40%.





Ana Sotoy

24 09 2009
  1. Sehelai rambut manusia kira-kira bisa menahan berat tubuh sebesar 6.5 pon
  2. Setiap tahun penjualan permen selama Halloween mencapai $2,000,000,000
  3. Lebah madu adalah satu-satunya serangga yang menghasilkan produk yang consumable bagi manusia (madu)
  4. Beruang di Asia tidak perlu berhibernasi.
  5. Sebagian besar manusia menggunakan lebih dari 16000 galon air selama hidupnya.
  6. Berlian sintesis yang digunakan jumlahnya 4 kali lipat dibandingkan dengan berlian asli yang ditambang.
  7. Gigi buaya selalu tumbuh setiap kali gigi lama usang
  8. Rata-rata manusia memproduksi 4 cangkir air liur per hari
  9. Hampir seluruh kotoran di dalam rumah datang dari luar rumah. 80% menempel pada tubuh manusia..
  10. Air seni kucing dapat bersinar dengan cahaya gelap.




Misteri Puncak Ararat

24 09 2009

Petualangan Maut Memecahkan Misteri Bahtera Nuh

Pengarang          :Mahardhika Zifana

Penerbit             : edelweiss-mizan

Cetakan              : Cetakan 1, Juni 2009
Format               : 13 x 20,5 cm
Jumlah halaman: 308

Bagi Dino, seorang pendaki tulen, Ararat—salah satu dari empat gunung tertinggi dunia  di perbatasan Turki—adalah gunung yang puncaknya akan menjadi tiket bagi puncak impiannya, menaklukkan Himalaya. Tapi siapa sangka bagi gerilyawan Kurdi, Ararat adalah benteng akhir perlawanan terhadap pemerintah Turki. Apalagi bagi Milisi Tamanin, kelompok tradisonal yang mempercayai diri sebagai keturunan Nuh as dan penjaga suci Bahtera Nuh as, Ararat adalah segala-galanya.

Di Bandung, Esa dan Nisa begitu terkejut mendengar kabar lenyapnya Dino bersama seluruh tim pendaki lainnya. Mereka pun terbang dan  Esa rela menjadi pendaki dadakan demi mencari dan menyelamatkan adik iparnya itu. Bagaimana Esa, bersama seorang pejuang Kurdi dan seorang wartawan gigih, melewati berbagai kendala dan teror untuk mendaki Ararat itu menjadi titik awal bagi tersingkapnya tabir dari lorong-lorong misterius ke Arah Bahtera Nuh as. Di bawah ancaman desingan peluru dan gigitan salju, mereka terus bergulat menembus teka-teki yang seakan tak berujung.

Buku ini merupakan buku kedua dari trilogi Battle of Solomon’s Treasure. Trilogi yang menceritakan mengenai kisah Esa dalam pencarian harta milik Sulaiman. Buku pertama dari trilogi ini adalah Rahasia Kaum Falasha yaitu novel yang menceritakan mengenai pencarian harta Sulaiman yang dijaga oleh suku Falasha di Ethiopia.

Buku ini sangat layak untuk dibaca karena pembaca seperti diajak  ke dalam 2 petualangan sekaligus, petualangan menyusuri daerah-daerah eksotik di sekitar puncak Ararat sekaligus memasuki pengalaman keimanan untuk mencari bahtera Nuh yang sesungguhnya.

Namun, betulkah bahtera Nuh as itu masih utuh terpelihara di bawah permukaan puncak Ararat? Dan, betulkah bahtera itu merupakan pusat rahasia yang dapat meneropong segala rahasia termasuk keberadaan harta karun Sulaiman as? Temukan kisahnya di novel ini.

By Divisi Perpustakaan FSI





Coming soon: ISLAMIC MOVIE DAYS (THE SEQUEL)

20 09 2009

logo imd

Alhamdulillah, setelah sukses merilis IMD (Islamic Movie Day) yang pertama kini Media Islam FSI berencana untuk merilis IMD berikutnya yaitu ISLAMIC MOVIE DAYS : The Sequel yang insyaAllah akan dilaksanakan pada Febuari 2010.

Acara ini merupakan lanjutan dari IMD sebelumnya namun dengan format acara yang berani tampil beda, dan tentunya lebih kreatif dan inovatif. Bila IMD sebelumnya masih berskala Jabodetabek, maka IMD the Sequel ini kami memperluas skala menjadi nasional, se-Indonesia. Tim dari Media Islam dibantu dengan panitia berusaha untuk menciptakan IMD The Sequel yang GEGAP GEMPITA!!

Acara ini direncanakan berlangsung selama tiga hari dengan tiga acara utama yaitu SemTalkWork (Seminar, Talkshow & Workshop), Kompetisi (meliputi Islamic Script Writing Competition, Islamic Indie Movie, dan Islamic Movie Poster Competition), dan ditutup dengan acara puncak yaitu Islamic Movie  Exhibition (terdiri dari pameran karya terbaik peserta poster film, pemutaran karya terbaik peserta Islamic Indie Movie, dan pemutaran film koleksi dari dalam dan luar negeri) . Target dari acara ini yaitu seluruh masyarakat Indonesia khususnya para sineas dan calon sineas muda Indonesia. Melalui acara ini pula, kami para panitia berupaya memfasilitasi para peserta lomba untuk merealisasikan karya-karya mereka. Acara ini merupakan bentuk apresiasi dan sarana kami untuk memotivasi dunia perfilman islam Indonesia. InsyaAllah.

Menyadari bahwa acara IMD The Sequel tidak mungkin dapat terlaksana tanpa dukungan dari teman-teman, oleh karena itu…. MOHON DOA RESTU DAN SUPPORT-nya ya!! ^^

Ganbatte semuwaaaaa!!!! xD